Label Barcode dan Ribbon Barcode

Label Barcode dan Ribbon Barcode mungkin sudah tidak terlalu asing lagi terdengar di telinga kita. Apabila kita membeli barang-barang kebutuhan sehari-hari di mini market atau membeli pakaian, kita mungkin melihat ada stiker yang berisikan nama barang, harga dan kode Barcode. Sekilas mungkin tampak seperti stiker biasa saja, tetapi kenyataannya dibutuhkan tipe dan bentuk kemasan khusus agar stiker tersebut dapat dipakai untuk mencetak Barcode dengan menggunakan printer Barcode.

Label Barcode pada dasarnya adalah stiker dengan kegunaan untuk mencetak barcode pada printer barcode. Stiker barcode dapat dibedakan berdasarkan tipe atau karakteristik label itu sendiri. (Istilah yang saya gunakan mungkin hanya berlaku di perusahaan tempat saya bekerja saja, tapi karakteristik label mungkin sama)

1. Semi Coat
Adalah label Barcode dengan karakteristik mempunyai semacam lapisan ( coat ) pada lapisan stiker paling atas. Lapisan ini berfungsi untuk menutup pori-pori pada kertas stiker agar pada saat mencetak barcode menggunakan printer barcode, unsur carbon ribbon dapat tercetak dengan sempurna ( Printer Barcode bisa mencetak barcode dengan teknologi Thermal Transfer, yaitu proses cetak barcode dilakukan dengan cara printer mengalirkan panas ke Head Printer dimana Head Printer bersentuhan langsung dengan Ribbon Barcode, sehingga unsur ribbon bisa menempel di label barcode). Lapisan ini menyebabkab label terlihat mengkilat apabila kita letakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung dan lebih tahan terhadap cipratan air. Label barcode Semi Coat bisa dibilang label barcode yang paling ekonomis karena harganya lebih murah dibanding label barcode lainnya. Label ini cocok digunakan dengan menggunakan ribbon barcode type Excellent Wax ( ribbon Barcode yang unsur wax nya lebih dominan ).

2. Vallum
Adalah label barcode dengan karakteristik yang tidak disertai lapisan pada bagian paling atas dari stiker. Hal ini menyebabkan label barcode jenis ini terlihat lebih putih dan bersih dibanding dengan label barcode Semi Coat. Hasil cetak dengan menggunakan label barcode type Vallum ini merekat lebih kuat dibandingkan dengan hasil cetak dengan menggunakan Semi Coat, karena unsur ribbon yang menempel di label diserap oleh label secara sempurna karena pori-pori label tidak tertutup oleh lapisan. Label ini menggunakan ribbon barcode tipe Excellent Wax sama seperti label barcode Semi Coat. Tetapi apabila terkena cipratan air, label ini lebih cenderung cepat rusak karena lapisan kertas stiker tidak terlindungi lapisan dan air langsung terserap oleh kertas stiker.

3. Yufo
Adalah label barcode dengan karakteristik tahan air, tahan panas, dan anti sobek. Label ini cocok digunakan untuk penggunaan di luar ruangan (terkena terik matahari, air hujan dan udara terbuka). Label ini cenderung seperti bahan stiker hologram tetapi tidak mengkilat. Hasil cetak pada label barcode tipe YUFO ini tidak akan hilang meskipun kita gosok dengan kuat. Lem stiker pun lebih kuat dibanding dengan label barcode tipe Semi Coat dan Vallum. Ribbon barcode yang cocok digunakan dengan label ini adalah ribbon barcode dengan type Excellent Resin ( ribbon barcode dengan unsur wax paling rendah ). Dengan segala kelebihannya label barcode ini pun lebih mahal dibandingkan dengan label barcode tipe Semi Coat atau Vallum.

Label Barcode dan Ribbon Barcode dikemas dalam kemasan Roll. Panjang Label dan Ribbon tergantung kepada jenis printer dan merk printer barcode. Barcode printer sendiri di Indonesia ada beberapa macam, tetapi yang umum digunakan antara lain : SATO, ZEBRA, TEC dan lain-lain.



DTS Barcode Label System
Barcode System & Label Paper

DTS Barcode Label System
Barcode System & Label Paper

Hub : 085881043388/ 081310456576
E-mail : ntl.barcode@gmail.com

Back To Top