Manfaat Mobile Scanner Barcode atau Portable Data Terminal

Mungkin anda pernah mendengar Mobile Scanner Barcode atau Portable Data Terminal, alat tersebut adalah sebuah pembaca barcode yang mempunyai memori yang terintegrasi didalamnya. Jadi ketika suatu proses pembacaan barcode memerlukan penyimpanan data transaksi maka Mobile Scanner Barcode atau Portable Data Terminal adalah solusinya.




Batery Denso BHT  :

1. BATTERY PACK - 4.8V - 800 mAH - Ni-MH for the Denso BHT2065
 BATTERY PACK - 4.8V - 800 mAH - Ni-MH for the Denso BHT2065
 2. Denso Scanner battery. 4.8V By Titan For 496466-0240, BHT-2065.
 Denso Scanner battery. 4.8V By Titan For 496466-0240, BHT-2065.
 3. Denso Scanner battery. 4.8V By Titan For 496466-0240, BHT-2065.
Denso Scanner battery. 4.8V By Titan For 496466-0240, BHT-2065.

Untuk lebih jelasnya mungkin kita bisa ambil beberapa kasus eperti di bawah ini :

1. Mobile Scanner Barcode untuk proses Inventory Control
Pada sebuah gudang penyimpanan barang, proses keluar masuk barang apabila dilakukan secara manual tentunya akan lebih menyita waktu dan kurang akuratnya data karena pencatatan data barang dilakukan secara manual baik kode barang maupun quantity nya. Manusia apabila dalam keadaan lelah atau jenuh akan lebih banyak melakukan kesalahan dikarenakan kurang konsentrasi. Dapat anda bayangkan berapa kerugian perusahaan apabila data keluar masuk barang tidak akurat ? Solusinya adalah dengan menggunakan Mobile Scanner Barcode. Setiap proses keluar masuk barang, user tidak perlu menulis secara manual kode barang, cukup dengan melakukan scan barcode barang yang dimaksud lalu isi quantity barang dan simpan data. Semudah itu dan data yang di scan dijamin akurat. Setelah selesai melakukan pendataan barang yang keluar atau masuk maka data yang disimpan di Mobile Scanner Barcode di upload ke komputer, sehingga tidak ada proses manual pada saat upload data ke komputer dan kemungkinan kesalahan pencatatan data di komputer dapat dihindari.

2. Mobile Scanner Barcode untuk Pencatatan Meteran PLN atau PDAM
Dulu sering ada istilah pencatatan meter "Sistem Tembak" atau petugas pencatat meter PLN/ PDAM tidak datang ke rumah pelanggan dan proses pencatatan meteran pelanggan dilakukan dengan kira-kira sesuai dengan pemakaian rata-rata. Ini sangat merugikan pelanggan karena data tidak akurat dan dapat menyebabkan melambungnya biaya yang harus dibayar pelanggan. Sistem pencatatan meter pelanggan dengan Mobile Scanner Barcode memastikan petugas pencatat meter dari PLN datang ke rumah pelanggan dan mencatat meteran sesuai dengan jumlah meteran di lapangan. Karena sebelum melakukan pencatatan meteran pelanggan, harus melakukan scan barcode pelanggan terlebih dahulu yang ditempel di setiap pelanggan. Barcode ini dicetak dan ditempel oleh PLN jadi tidak mungkin bisa di duplikasi. Setelah scan barcode, petugas baru bisa melakukan pencatatan meteran dan menyimpan datanya. Setelah selesai data tersebut di Upload di PLN dan tagihan rekening dibuat berdasarkan hasil pencatatan dengan Mobile Scanner Barcode tersebut.

Selain sistem diatas dapat juga digunakan untuk Sistem Verifikasi Undangan VIP ( Verifikasi Undangan yang datang ke acara tertentu ), Sistem Security Checking ( Sistem untuk memastikan Satpam / Security untuk melakukan pemeriksaaan ke semua lokasi Pabrik/Perusahaan ), Sistem Pencatatan Pesanan Restoran dan lain-lain. Semua sistem yang dijelaskan sudah pernah saya buat dan di gunakan di beberapa Perusahaan dan PLN di berbagai APJ dan UPJ di Indonesia.

Mobile Scanner Barcode sendiri bermacam-macam. Tetapi yang sering banyak dijumpai di Indonesia antara lain produk dari DENSO (BHT8000,BHT6000 dll), CHIPERLAB (CPL8000 dll), SYMBOL (PDT1100 dll), CASIO (DT900, DT930) dan UNITECH. Berdasarkan pengalaman saya yang paling nyaman dalam membuat program dan teruji kekuatan di lapangan adalah produk dari DENSO. Menggunakan bahasa pemograman BASIC dan modelnya yang tidak jauh seperti HandPhone nyaman digunakan untuk semua jenis kalangan. Tetapi produk dari CHIPERLAB pun cukup dapat diandalkan juga, apalagi bila anda terbentur masalah dana untuk pembelian Mobile Scanner Barcode CHIPERLAB dapat dijadikan solusi.

Jika anda tertarik dengan Mobile Scanner Barcode untuk di aplikasikan di perusahaan atau tempat anda jangan sungkan untuk mengubungi saya. Saya akan berbagi ilmu dan pengalaman saya di bidang Barcode dan semoga bisa menjadi solusi dan menambah wawasan kita semua.



DTS Barcode Label System
Barcode System & Label Paper

DTS Barcode Label System
Barcode System & Label Paper

Hub : 085881043388/ 081310456576
E-mail : ntl.barcode@gmail.com



Back To Top