DENSO-BHT-8000

Dapatkah Anda Menghitung Asset di perusahaan Anda ?
Pernahkah terpikir di benak Anda, berapa banyak Komputer yang ada di perusahaan Anda ? Atau berapa banyak AC yang terpasang di masing-masing Kantor Cabang ? atau Berapa banyak mesin Fax yang kondisi nya sudah harus diganti ?

Apabila Anda atau atasan anda menanyakan hal tersebut, lalu jawaban yang didapat adalah "Sebentar kami akan periksa dokumen mengenai Asset perusahaan..", lalu dilanjutkan dengan memeriksa satu-persatu dokumen tersebut dan harus memeriksa dengan teliti data asset yang berjumlah ratusan atau bahkan mungkin ribuan asset. Tentunya sangat menghabiskan waktu dan sangat rentan sekali terjadi kesalahan karena pemeriksaan dan pencatatan Asset perusahaan dilakukan secara manual sehingga kemungkinan kesalahan akibat faktor Human Error cukup besar. PADAHAL ASSET ANDA ADALAH HARTA ANDA.

Ketika Anda mencoba mencatatnya kedalam lembaran worksheet Excel, dan Anda katakan "Ya, Kami sudah mendata Asset Kami secara Komputerisasi".Padahal, berapa baris data yang harus Anda rubah, ketika terjadi perubahan data terhadap satu Asset?. Atau Misalkan dalam penggunaan Asset perusahaan, ternyata Asset bisa berpindah tempat dari satu cabang ke cabang yang lain, berapa kali Anda harus mengedit satu baris data Asset?. Apabila pendataan Asset tidak dilakukan secara tepat dan akurat bisa dibayangkan berapa banyak Asset perusahaan yang bisa hilang tak terdata. PADAHAL ASSET ANDA ADALAH HARTA ANDA.

Dapat kita bayangkan bila dengan tidak akuratnya data Asset perusahaan apabila dalam 1 bulan kehilangan 1 buah PC seharga Rp. 3.000.000 dalam 1 tahun berapa banyak kerugian perusahaan yang diakibatkan hilangnya Asset tersebut. PADAHAL ASSET ANDA ADALAH HARTA ANDA.

Dengan menggunakan teknologi Barcode kita bisa melakukan pendataan Asset tersebut dengan lebih Cepat, lebih Tepat dan lebih Akurat. Dan diharapkan dapat diperoleh keuntungan-keuntungan sebagai berikut :
- Memudahkan pendataan asset perusahaan
- Pencatatan keluar masuk asset perusahaan bahkan sampai peminjaman asset perusahaan dapat terdata
- Dapat menyimpan suatu catatan penting mengenai suatu asset dan dapat dibuat seperti reminder untuk kebutuhan tertentu.
- Dapat diintegrasikan dengan sistem akuntasi atau system lain yang sudah lebih dulu berjalan
- Dapat memberikan informasi tambahan mengenai asset yang mencapai kondisi tertentu ( perpanjangan stnk, waktu servis dll) sehingga dapat dibuatkan suatu Alert System.
- Perpindahan Asset dapat terlacak dengan mudah, karena tercatatnya Historical masing-masing Asset
- Penanggung jawab terhadap suatu asset dapat diketahui dengan mudah
- Nilai Penyusutan Asset per bulan dapat diketahui dengan mudah

Aplikasi ini sudah digunakan di Bank BTN Pusat Jakarta dan The Residence Apartment and Executive Club Senayan Jakarta, serta beberapa perusahaan yang sedang dalam tahap persiapan implementasi. Karena Asset perusahaan merupakan harta perusahaan dan nyawa perusahaan itu sendiri, sudah selayaknya menggunakan teknologi yang dapat menjamin keakuratan dan ketepatan dalam setiap proses nya.

Apabila anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Sistem Inventory Asset dengan Teknologi Barcode dapat menghubungi kami untuk Demo Aplikasi atau untuk Presentasi Sistem.INGAT, ASSET ANDA ADALAH HARTA ANDA...!!!!

Manfaat Barcode di Industri Garment
Manfaat Barcode di dunia industri garment bertambah banyak saja. Selain untuk identitas produk, inventory control, dan lainnya ada lagi aplikasi yang saya baru saja buat yaitu Barcode Verification. Tadi pagi saya baru saja implementasi Mobile Scanner Barcode type DENSO BHT8000 di sebuah industri garment di daerah Cileungsi, Bogor. Kenapa DENSO BHT8000 ? Terus terang, untuk mobile scanner saya paling menjagokan produk ini. Selain mudah dalam pengembangan aplikasinya, scanner ini kayaknya paling tangguh dibandingkan Mobile Scanner merk lain yang pernah saya coba.

back to the main issues, aplikasi yang saya kembangkan terakhir ini sebenarnya sangat sederhana ( bahkan mungkin dapat dibilang sangat standard dan melihat kemampuan DENSO Mobile Scanner yang cukup bagus jadi tidak dapat dimaksimalkan ). Begini, perusahaan tersebut merupakan produsen resmi salah satu pakaian yang sangat terkenal. Produk mereka di impor ke Jepang dan negara lainnya. Pada saat pengiriman, pakaian yang sudah jadi di packing kedalam satu karton dimana karton tersebut harus sama jenis dan size nya.
Untuk mengindari kesalahan dalam proses pengiriman, maka karton yang akan dipacking terlebih dahulu di periksa satu persatu dengan menggunakan Mobile Scanner Barcode. Di perusahaan tersebut sebenarnya sudah menggunakan Mobile Scanner Barcode dari Jepang kalau tidak salah mereknya WellCat atau apalah.. Tapi tampilan menunya dan di layarnya menggunakan bahasa jepang, jadi user tidak tahu yang ditampilkan apa. Pokoknya kalau barcode di pakaiannya tidak ada masalah maka tidak ada bunyi aneh, kalau barcode ada yang salah atau size nya salah maka ada bunyi beep beep keras berulang-ulang. Karena ada rencana penambahan unit dan manajemen ingin aplikasinya dapat dimengerti maka salah seorang staff perusahaan tersebut menghubungi saya.

Ketika ditawarkan DENSO BHT8000, atasan teman saya langsung setuju karena hardware ini dari Jepang ( dan kayaknya harga DENSO BHT8000 lebih murah sekitar 300-400 USD. Padahal Mobile Scanner WellCat simple banget baik desain atau keypadnya layarnya pun cenderung sempit dibanding DENSO BHT8000). Setelah diskusi mengenai aplikasi yang akan di buat di DENSO BHT8000, mereka ingin fungsi scanner barcode yang sudah ada di buat ulang di BHT8000. Setelah 1 hari disiapkan program tersebut pun siap digunakan, dan ekspresi operatornya lumayan lega setelah tampilan yang ada sekarang menggunakan bahasa Indonesia yang bisa dimengerti.

Sebenarnya DENSO BHT8000 sangat lebih dari cukup apabila digunakan hanya untuk penggunaan aplikasi seperti ini saja. Maka saya menyarankan ke depannya agar DENSO BHT8000 ini diisi lagi aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan di lingkunag perusahaan, karena dengan memory 4,5 MB, alat ini bisa menampung beberapa aplikasi.

Dengan harga US$ 942, anda bisa menggunakan DENSO Mobile Scanner ini lengkap dengan aplikasi Barcode Verification atau aplikasi lain yang lebih cocok untuk diterapkan di tempat anda. Atau apabila budget menjadi kendala maka dapat dipilih type SYMBOL PDT1100 dengan harga US$ 675.

Jika anda tertarik dengan Mobile Scanner Barcode untuk di aplikasikan di perusahaan atau tempat anda jangan sungkan untuk mengubungi saya. Saya akan berbagi ilmu dan pengalaman saya di bidang Barcode dan semoga bisa menjadi solusi dan menambah wawasan kita semua.

Meter Reading dengan Barcode System
Teknologi barcode sekarang memang lebih fleksibel dan dapat diaplikasikan sesuai kebutuhan user. Karena sekarang sudah cukup banyak praktisi di bidang IT yang sudah familiar dengan teknologi maupun pemograman barcode. Salah satunya adalah pembacaan meteran listrik ( PLN ) atau air ( PDAM ) dengan menggunakan teknologi barcode.

Meter Reading dengan Barcode System sebenarnya sudah cukup lama di aplikasikan di Indonesia sejak beberapa tahun yang lalu ( sewaktu saya masih bekerja di divisi software sebuah perusahaan barcode kira-kira 5 tahun lalu, sistem ini sudah hampir 1 tahun dikembangkan ). Jika melihat hasilnya sekarang ini saya dapat menyimpulkan sistem ini lebih baik dibandingkan dengan sistem baca meteran secara manual.

Mari kita bandingkan sistem pembacaan meteran secara manual dan dengan menggunakan barcode system.

- Sistem Manual
Petugas pencatat meteran mengambil data Rute Baca Meter atau lebih dikenal dengan RBM (data pelanggan dan alamat pelanggan yang harus didatangi dan dicatat meterannya) di kantor PLN. Lalu petugas tersebut mendatangi alamat pelanggan yang tercantum di RBM dan mencatat meteran yang terdapat di masing-masing pelanggan. Data hasil pencatatan meteran ini disetorkan ke petugas input data di PLN, lalu data tersebut di input manual melaui program aplikasi input data stand meter.

Dari proses tersebut terdapat beberapa hal yang mungkin dapat menjadikan data yang diinput menjadi tidak akurat diantaranya :
* Proses catat data oleh petugas pencatat di lapangan sangat rawan terjadi kesalahan.
* Proses input data hasil petugas pencatat di lapangan oleh petugas di PLN rawan terjadi kesalahan karena dilakukan secara manual.
* Kemungkinan petugas lapangan tidak datang ke lokasi pelanggan (sistem tembak) sangat besar karena data hasil pembacaan tidak dapat dibedakan antar yang didatangi langsung atau tidak.

Dari 3 point tersebut dapat disimpulkan bahwa kemungkinan kesalahan cukup besar dan pelanggan tentunya dirugikan karena kesalahan tersebut bisa mengakibatkan melonjaknya tagihan rekening pelanggan.

- Sistem Barcode
Petugas pencatat meteran mengambil Portable Data Terminal (PDT) yang telah diisi data RBM. Petugas mendatangi lokasi pelanggan sesuai data RBM ( tidak boleh loncat-loncat data pelanggan ). Setiap akan memasukkan data meteran, petugas harus scan barcode terlebih dahulu untuk memastikan petugas datang ke lokasi. Setelah proses pencatatan selesai maka data dari PDT di Upload ke PC tanpa ada proses manual lagi.

Presentasi terjadinya kesalahan dapat ditekan hanya pada saat input data di PDT saja, itupun kita dapat minimalisir dengan melakukan cek stand saat ini dan stand bulan lalu. Dengan sistem barcode, tidak ada lagi istilah "SISTEM TEMBAK" karena mau tidak mau petugas harus datang ke lokasi karena petugas tersebut dibayar berdasarkan jumlah pelanggan yang di baca menggunakan PDT.

Mudah-mudahan dengan digunakannya sistem barcode untuk pencatatan meteran listrik atau pdam yang semakin hari tentunya dilakukan revisi agar lebih baik lagi, akan dapat menguntungkan kedua belah pihak yaitu pelanggan dan PLN.

Dengan sedikit revisi di aplikasi PDT, sistem ini dapat digunakan secara luas. Pada intinya suatu proses yang mengharuskan petugas atau staff mendatangi suatu lokasi tertentu bisa menggunakan sistem ini, jadi tidak hanya untuk melakukan pencatatan meter PLN / PDAM saja, misalnya untuk Sistem Security Check Point dan lain-lain.

Jika anda tertarik dengan Mobile Scanner Barcode untuk di aplikasikan di perusahaan atau tempat anda jangan sungkan untuk mengubungi saya. Saya akan berbagi ilmu dan pengalaman saya di bidang Barcode dan semoga bisa menjadi solusi dan menambah wawasan kita semua.

Barcode Security Checkpoint System
Barcode Security System atau Barcode Checkpoint System ?? Minggu kemarin saya bingung untuk memberi nama system yang selesai saya developt untuk sebuah industri beton di daerah batujajar. Tetapi apalah artinya sebuah nama, bagi saya sendiri melihat dan mendengar aplikasi yang saya buat berjalan dengan baik dan memberikan nilai lebih bagi client lebih penting.

Barcode Checkpoint System adalah aplikasi yang digunakan oleh pihak security atau satpam yang berguna untuk mencatat waktu dan tanggal pengecekan lokasi perusahaan oleh satpam atau petugas security tersebut. Masih bingung ??

Mungkin ada baiknya kita jelaskan dari awal. Di semua perusahaan pasti ada anggota security atau satpam yang bertugas menjaga keamanan lingkungan perusahaan tersebut. Salah satu tugas dari satpam tersebut adalah melihat atau melakukn cek lokasi untuk menjamin keamanan lingkungan perusahaan. Perusahaan beruntung apabila mempunyai satpam yang rajin melakukan patroli keliling ke semua area perusahaan, namun apabila perusahaan mempunyai satpam yang malas untuk melakukan patroli keliling area perusahaan dapat dipastikan perusahaan akan mengalami kerugian seperti kehilangan aset perusahaan karena dicuri danlain sebagainya.

Oleh karena itu untuk mengawasi tugas satpam tersebut harus dibuat sistem yang mengharuskan satpam tersebut benar-benar datang ke seluruh area perusahaan tanpa kecuali. Dengan menggunakan Barcode Mobile Scanner hal tersebut sangat memungkinkan sekali.
Bagaimana cara kerja sistem tersebut ?

Pertama-tama, kita harus membuat dan menempelkan barcode di semua area perusahaan yang harus di cek oleh petugas satpam perusahaan. Setelah itu dengan menggunakan Barcode Mobile Scanner, satpam harus melakukan patroli dan melakukan proses scan barcode di setiap lokasi yang dilalui sebagai bukti bahwa satpam tersebut sudah melakukan tugasnya. Keesokan harinya data dari Barcode Mobile Scanner di Upload ke PC oleh staff perusahaan dan di cetak laporan hasil patroli satpam yang bertugas.

Dari laporan yang dicetak dapat diketahui waktu dan tanggal setiap pengecekan area perusahaan oleh satpam yang bertugas. Dengan menggunakan sistem ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja petugas satpam di lingkungan perusahaan dan dapat memudahkan manajemen untuk melakukan penilaian terhadap anggota satpam yang bertugas di perusahaan tersebut.

Dengan investasi pada Barcode Mobile Scanner senilai US$ 650, anda sudah bisa mendapatkan sebuah Barcode Mobile Scanner seri SYMBOL PDT1100 LASER lengkap dengan aplikasi Barcode Security Checkpoint System.

ada solusi untuk isi ulang atau refill mini printer (printer kasir), yaitu dengan cukup membeli refill atau isi ulang pita saja tanpa cartridge. Dengan demikian kita bisa memaksimalkan cartridge bekas yang kita miliki sebelumnya dan yang pasti kita mengurangi biaya pembelian isi ulang atau refill mini printer (printer kasir) karena harga refill pita hanya Rp. 10.000/pcs. Dengan kualitas setara dengan aslinya pita ini dapat digunakan dengan mengganti pita yang sudah habis unsur tintanya dengan membuka bagian atas cartridge mini printer. Memang untuk yang pertama kali membuka cartridge tersebut dan menggantinya dengan refill pita kasir mungkin tangan anda akan sedikit kotor, tapi jangan khawatir dengan sedikit alkohol tangan anda bisa bersih seperti semula. Apabila dibandingkan dengan penghematan sebesar Rp.15.000-20.000 / pcs, saya rasa cukup sebanding. Di Jabodetabek beberapa SPBU dan Mini Market menjadi langganan refill atau isi ulang pita dan cukup puas dengan kualitasnya.

Apabila anda membutuhkan informasi lebih lengkap mengenai sistem ini, atau berminat untuk mengaplikasikan sistem ini di perusahaan anda dapat menghubungi alamat di bawah ini.

Main Products:
barcode scanner,barcode printer,date collector,ribbon,label



DTS Barcode Label System
Barcode System & Label Paper

DTS Barcode Label System
Barcode System & Label Paper

Hub : 085881043388/ 081310456576
E-mail : ntl.barcode@gmail.com
Back To Top